Berjubelnya Jamaah Umroh Tanda Indonesia Semakin Kaya ?

Hampir tiap hari calon jamah umroh berjubel di Bandara Juanda Surabaya, baik yang berangkat maupun yang balik dari tanah suci. Apakah dengan berjubelnya jamah umroh adalah tanda bahwa masyarakat Indonesia semakin kaya ? Ataukah kesadaran spiritual keagamaan yang makin tinggi ? Atau, jangan-jangan karena 'rayuan maut' agen umroh ? Atau, -yang ini suuzon- karena tak mau ketinggalan tetangga yang sudah pada haji dan umroh ?



Jamaah Umroh (ilustrasi dari tribunjatim.com

Berjubelnya Jamaah Umroh Tanda Indonesia Semakin Kaya ? 

Tentu jawabannya bisa bermacam-macam. Namun yang jelas semoga saja fenomena ini menunjukkan dua hal yaitu peningkatan kesadaran religius spiritual dan yang tak kalh pentingnya : berarti tingkat ekonomi masyarakat semakin membaik.

Tentu perbaikan tingkat ekonomi masyarakat ini patut disyukuri. Walaupun juga pemerintah tak perlu tepuk dada. Karena apa ? Justru banyak perbaikan ekonomi masyarakat pedesan itu berasal dari anggota keluarganya yang jadi TKI / TKW di luar negeri.

Sebaliknya juga, bagi yang sinis kepada pemerintah, wabil khusus,kaum 'salawi' , juga janganlah terlalu nyinyir menyepelekan faktor penting keberhasilan pemerintahan saat ini. Jangan apapun jika ada keadaan yang kurang baik disebut salahnya Bapak jokowi. Itu namanya gak bisa  move on lah, kata 'kids jaman now.'. E, kok jadi ngelantur ke politik ya.

Kembali ke laptop ! Harapan berikutnya adalah semoga bukan hanya sekedar indikator kemajuan ekonomi masyarakat, namun juga adalah peningkatan kesdaran spiritual religius. Nah, yang lebih afdol lagi, top markotop, jika peningkatan spiritual religius tersebut atau istilahnya kesalehan ritual itu bisa dibarengi kesalehan sosial.

Wah, maksudnya apa ini ? Begini bro and bre ! Kesalehan spiritual yang berwujud kesalehan ritual itu adalah kepatuhan kepada apa-apa yang menjadi perintah agama dari sisi ritual keagamaan. Sedangkan kesalehan sosial adalah akhlak yang baik dalam hal si manusia dalam berinteraksi dengan sesama manusia lainnya. Contoh kongkritnya guys, misalnya pulang umroh atau haji makin sayang anak bini, makin peduli dengan tetangga, makin mudah tangannya dalam mengulurkan bantuan kepada sesama yang memerlukan.

Sekian saja artikel ini, semoga bermanfaat. Postingan ini 'nganyari' domain baru saya : www.tiknan.com

Artikel Terkait

Last Updated 2018-04-12T18:53:49Z

KOMEN DENGAN FACEBOOK :
KOMEN DENGAN FORMAT BLOGGER :

About me (Autor Profile / Redaktur)


Tiknan Tasmaun
Praktisi Herbal / Alternatif  (A Traditional Herbalist ) sekaligus seorang Citizen Journalist. Tinggal di RT 13/ RW o7, Sawo, Dukun, Gresik - 61155, Jawa Timur - Indonesia.  Data Diri Penulis secara lengkap bisa dilihat di Tentang Kami. Kontak penulis di no.hp: +6285850960090 atau via email ke: powerman.tiknan@gmail.com

Postingan Populer