Pengobatan Herbal Untuk Asam Lambung

Artikel berikut membahas kembali tentang penyakit asam lambung, penyebab dan cara mengatasinya dengan herbal alami. Banyak herbal alami disekitar kita yang bisa digunakan untuk mengatasi baik efek nyeri asam lambung maupun untuk pengobatannya secara tuntas.


Penyakit Asam Lambung Dan Penyebabnya


Asam lambung adalah penyakit yang disebabkan oleh refluks atau kenaikan zat asam ke daerah dada yang mengakibatkan rasa nyeri dada. Bahkan kadang-kadang hingga terasa sesak atau sulit bernafas.

Rasa nyeri biasanya karena habis mengkonsusumsi jenis makanan tertentu, misalnya makanan yang berasa asam atau pedas.

Namun asam lambung tinggi juga bisa dipicu oleh 'banyak pikiran' atau rasa gelisah, khawatir berlebihn atau memendam rasa takut terhadap sesuatu. Bahkan jika penyakit ini sudah sembuhpun masih rentan untuk muncul jika hal-hal yang bersifat psikologis tersebut terulang. Lebih parah lagi jika terkena penyakit 'sawananen' ( Jawa : semacam rasa ketakutan yanjg sangat atau depresi namun tak menyadari apa penyebab takutnya maupun depresinya ).


Pengobatan Herbal Untuk Asam Lambung


Jika penyebabpenyakit asam lambung tersebut kaena faktor psikologis, tentu pengobatannya juga harus dihilangkan faktor gangguan psikologis tersebut. Bisa dengan konsultasi dan berobat ke psikiater / psikolog atau semacamnya. Namun ada juga kawan saya yang bisa mengobati asam lambung karena faktor psikologis 'sawanen' dengan cara diurut di kaki. Dan anehnya si pasien banyak yang sembuh.

Sedangkan beberapa herbal disekitar kita yang bisa dipakai untuk pengobatan asam lambung adalah sebabagai berikut :

Umbi Teki

Tumbuk segenggam umbi rumput teki yang sidah dicuci bersih, tambahkan air secukupnya, peras dan minum di pagi hari. Lebih bagus lagi minumnya sebelum sarapan pagi.

Cuka apel 

Refluks asam lambung boleh jadi diakibatkan karena mempunyai terlalu sedikit asam di lambung. Jadi, Anda bisa dengan mudah meningkatkan asam lambung dengan mengonsumsi segelas besar air yang telah diberikan satu sendok makan cuka ape.

Lidah buaya

Jus lidah buaya asli dapat membantu meredakan peradangan dan gejala refluks asam lambung. Konsumsilah sekitar ½ gelas jus lidah buaya tersebut sebelum makan.

Jahe 

Diketahui jahe memiliki kemampuan sebagai obat asam lambung alami bahkan semenjak jaman kuno telah digunakan untuk menangani masalah pencernaan. Tambahkan 2-3 potongan jahe segar ke dalam dua gelas air panas. Tambahkan  gula merah / gula aren secukupnya. Biarkan selama setengah jam. Minum ramuan jahe tersebut 20 menit sebelum dan sesudah makan.

Demikian kiranya bermanfaat. Salam, by : Tiknan Tasmaun

Artikel Terkait

Last Updated 2018-04-13T03:00:34Z

KOMEN DENGAN FACEBOOK :
KOMEN DENGAN FORMAT BLOGGER :

About me (Autor Profile / Redaktur)


Tiknan Tasmaun
Praktisi Herbal / Alternatif  (A Traditional Herbalist ) sekaligus seorang Citizen Journalist. Tinggal di RT 13/ RW o7, Sawo, Dukun, Gresik - 61155, Jawa Timur - Indonesia.  Data Diri Penulis secara lengkap bisa dilihat di Tentang Kami. Kontak penulis di no.hp: +6285850960090 atau via email ke: powerman.tiknan@gmail.com

Postingan Populer