Benarkah Jamu Herbal Mengakibatkan Sakit Ginjal Dan Lambung ?



Tanya :

Saya pernah ketemu dokter ahli penyakit dalam. Beliau menyatakan bahwa jangan sering minum jamu-jamuan karena bisa berefek negatif terhadap ginjal dan lambung. Benarkah itu Pak ? Benarkah jamu-jamuan herbal justru menimbulkan penyakit ginjal dan lambung ?

Jawab :

Jamu - jamuan dari herbal alami justru merupakan obat yang paling aman bagi manusia.  Bahkan sangat aman. Tak ubahnya dengan bahan makanan lainnya.

Mungkin yang dimaksud pak dokter tersebut adalah jamu-jamuan yang secara nakal dicampuri bahan kimia. Tentu itu yang tidak boleh karena berbahaya.

Sekalipun sangat aman, tentu perlu aturan - aturan khusus yang harus dipatuhi. Baik aturan pemilihan bahan, proses peracikan hingga aturan konsumsinya. Sebab bahan - bahan herbal alami, baik daun, batang dan akar tumbuhan maupun bahan dari hewani juga mempunyai aturan masing-masing. Bisa dikata bahan-bahan alami juga mengandung 'bahan kimia' alami masing-masing.

Contoh sederhana. Minuman yang berasal dari pohon tal, enau ataupun kelapa yang disebut legen dan towak mempunyai manfaat yang hebat. Jika minuman itu asli dan diminum dengan aturan yang tepat maka mampu membantu memecah batu ginjal. Namun jika minumnya tanpa aturan alias ngawur tentu berakibat negatif. Apalagi towak jika diminum lebih dosis maka bisa menimbulkan mabuk.

Berikut adalah beberapa contoh racikan pribadai kami :
1. Untuk pria : minyak telor
2. Untuk wanita : racikan herbal manjakani "Kembali Perawan"
3. Pengobatan kencing manis denganVCO

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Salam, Tiknan Tasmaun

Artikel Terkait

Last Updated 2019-01-22T05:26:54Z

KOMEN DENGAN FORMAT BLOGGER :

Postingan Populer